Menentukan Lokasi Pabrik

 


Pabrik Lokasi suatu perusahan mempakan salah satu faktor yang cukup penting, karena hal tersebut akan mempengaruhi kedudukan pemsahaan dalam persaingan dan menentukan kelangsungan hidup perusahaan tersebut. Penentuan lokasi pemsahaan sangat berkaitan erat dengan aspek-aspek lain, diantaranya lokasi tersebut harus mempunyai keuntungan jangka panjang termasuk pertimbangan untuk memperluas pemsahaan pada masa yang akan datang. Tujuan penentuan lokasi pemsahaan dengan tepat, adalah untuk dapat membuat operasi pemsahaan berjalan dengan lancar, efektif dan efisien. Dalam penentuan lokasi pabrik, perlu diperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya biaya produksi dan biaya distribusi dari barang yang dihasilkan, sehingga biaya-biaya ini dapat ditekan serendah mungkin. Serta mampu menyediakan barang tepat pada waktunya dengan jumlah, kualitas dan harga yang sesuai serta memperoleh keuntungan.

 

Dengan adanya penentuan lokasi pabrik yang tepat atau baik akan menentukan:

 

1.      Kemampuan melayani konsumen dengan memuaskan (DyahAnggraheni (02521064) 49 VuCi (PauCiana (02521105) (pra Rancangan Pa6rik,kgrtas kgrajinan dari enceng gondok.

2.      Mudah mendapatkan bahan-bahan baku yang cukup secara kontinyu dengan harga yang layak/memuaskan.

3. Mendapatkan jumlah tenaga kerja dalam jumlah yang cukup

4. Memungkinkan diadakannya perluasan pabrik di kemudian hari

 

Industri umumnya saat ini berada di pinggir kota dengan pertimbangan sebagai berikut: 1. Letak dari sumber bahan baku Bahan baku adalah faktor utama untuk dapat menjalankan operasi industri, sehingga adanya bahan baku ini sangatlah penting. Sumber bahan baku yang digunakan adalah enceng gondok. Daerah tersebut merupakan daerah yang tepat karena terletak dekat dengan bahan baku yang kitadatangkan dari Rawapening Ambarawa.

2. Transportasi Transportasi pengangkutan bahan baku dan bahan pembantu cukup mudah dilakukan, dikarenakan lokasi industri kecil ini dipinggir jalan raya, sehingga mudah dijangkau oleh kendaraan darat dan juga mendukung karyawan dalam masalah transportasi dan juga mendukung dalam kelancaran pemasaran produksi.

3. Tenaga Kerja Faktor tenaga kerja merupakan faktor yang penting dalam perusahaan, karena berhasil tidaknya pencapaian tujuan perusahaan juga dipengaruhi oleh tenaga kerja . Dengan adanya pendirian industri kecil ini, maka akan dapat menyerap tenaga kerja dari lingkungan sekitar, sehingga terbukanya lapangan kerja bam yang akan dapat membantu mengurangi jumlah pengangguran dan dapat lebih meningkatkan taraf hidup penduduk di daerah sekitar pabrik. Selain itu tenaga kerja lebih mudah di peroleh dengan standar gaji yang ada sesuai peraturan yang berasal dari sekitar lokasi pabrik.

 

3.       Letak dari Pasar Wilayah

Ini sangat tepat karena dekat dengan daerah kawasan pabrik tidak terlalu jauh dengan pelabuhan sehingga mudah pendistribusian produk.

 

4.       Rencana Masa Depan Lokasi suatu pabrik mempakan persoalanjangka panjang.

Oleh karena itu perlu diperhatikan tentang perencanaan jangka panjang mengenai kebutuhan-kebutuhan dan teknik operasi yang sesuai dengan yang dicitacitakan oleh pemilik dan managemya supaya hidup terus pengembangan dan perluasan.

5.       Biaya dari Tanah dan Gedung

Biaya dari tanah dan gedung kadang-kadang mempengamhi pemilihan suatu daerah sebagai tempat lokasi pabrik dan pada umumnya biaya dari tanah dan gedung berbeda besamya diantara daerah-daerah industri. Suatu pabrik tentunya mempunyai rencana masa datang, karena pabrik yang didirikan disuatu daerah dimaksudkan untuk jangka panjang. Jika biaya tanah dan gedung murah maka ada kemungkinan perluasan pabrik dapat dilakukan, karena tempat atau tanah pabrik itu pada umumnya cukup luas sehingga biaya investasi tanahnya tidak terlalu mahal.

 

6.       Sumber listrik

Suatu pabrik biasanya memerlukan tenaga listrik untuk keperluan menjalankan mesin serta penerangan bagi pabrik secara keseluruhan, pabrik yang membutuhkan tenaga listrik besar akan memilih lokasinya di daerah yang mempunyai atau dekat dengan sumber listrik, karena di daerah ini biaya tenaga listrik tidak begitu besar. Jika pabrik memilih lokasinya di daerah dimana terdapat tenaga maka pabrik tersebut tidak perlu mendirikan pambangkit tenaga listrik sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengujian Material Tanpa Merusak

Kerusakan Logam & Penyebabnya

Jenis - jenis Pengujian NDT