Tata Letak Pabrik




Tujuan dari didirikannya bangunan pabrik adalah untuk melindungi bahanbahan, peralatan dan karya dari kerusakan akibat panas dan hujan ataupun kehilangan. Oleh karena itu bangunan yang akan didirikan harus direncanakan terlebih dahulu untuk memenuhi tujuan tersebut. Dalam perencanaan bangunan ini akan ditentukan bagaimana bangunan pabrik tersebut dibuat, apakah bangunan tersebut dibuat bertingkat atau tidak, bahan-bahan yang digunakan, sehingga biaya yang dikeluarkan lebih murah dan dapat sesuai dengan kekuatan bangunan yang diharapkan.

 

Tipe bangunan yang dipilih untuk disesuaikan denagn jenis produk yang akan di produksi . Disamping itu dengan pemilihan bentukpabrik di sesuaiakan denagn jenis produk ini dapat mempermudah dan mempercepat proses pembangunan gedung atau bangunan tersebut. Pertimbangan-pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam pembuatan desain bangunan adalah :

1. Fleksibilitas Fleksibilitas adalah perubahan yang mudah dilakukan jika diperiukan, dengan biaya yang tidak terlalu mahal, sehingga bangunan pabrik tersebut tidak mudah rusak serta dapat mengikuti perubahan dan perkembangan teknologi.

2. Adanya kemungkinan untuk perluasan dengan majunya perusahaan dikemudian hari, maka pemsahaan akan merencanakan perluasan kapasitas dan hasil. Oleh karena itu perlu mengetahui perencanaan mengenai kebutuhan-kebutuhan j angka panjang.

3. Persediaan Air (Water Supply) Perusahaan atau pabrik juga membutuhkan air, disamping untuk produksi kadang-kadang kebutuhan air ini jumlahnya besar baik untuk keperluan lain, misalnya untuk sanitasi dan pengolahan proses produksi. Pada umumnya air kebutuhan oleh suatu pabrik berbeda dengan pabrik-pabrik lainnya (tergantung jenis pabrik tersebut).

4. Tinggi rendahnya tingkat pajak Keringanan pajak sangat diperiukan industri untuk menutupi kerugiankemgian pada masa-masa percobaan yang praktis belum menghasilkan sesuatu yang berarti, sedangkan biaya yang dibutuhkan sangat besar terutama biaya prouksi dan pemasaran.

5. Masyarakat di daerah tersebut (sikap, besar dan keamanannya) Untuk mendirikan suatu industri baik dalam skala kecil maupun besar, perlu diperhatikan pandangan atau sikap masyarakat di daerah tersebut, apakah masyarakat setuju atau tidak terhadap pendirian industri tersebut. Dengan adanya suasana yang baik dengan masyarakat, maka suatu pemsahaan dapat tumbuh mendapatkan keuntungan-keuntungan tertentu dari pemilihan lokasi tersebut. Hal ini karena masyarakat di daerah dimana pemsahaan berada selain mempakan sumber tenaga kerja juga menjadi sumber pemasaran atau mempunyai daya beli bagi barang-barang konsumsi. Disamping itu juga keamanan kadang-kadang yang dapat memegang peranan yang sangat penting. Pabrik-pabrik yang dapat mengganggu biasanya penempatannya di daerah luar kota guna menjaga keselamatan dan keamanan masyarakat di kota.

6. Iklim Suatu pabrik atau industri kadang-kadang membutuhkan iklim yang tertentu seperti kelembaban udara, panas matahari dan iklim yang lain untuk kegiatan produksi. Disamping iklim dapat meninggikan modal pekerjaan, sehingga dapat memperbesar hasil produksinya.

7. Keadaan tanah Jenis atau sifat tanah merupakan salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan, Misalnya keadaaan susunan lapisan tanah tertentu. Faktor-faktor lain yang perlu diperhatikan adalah keadaaan letak atau lapangan, pengairan, tempat pembuangan limbah.

8. Fasilitas bagi karyawan Fasilitas ini perlu diperhatikan dan dipertimbangkan untuk kemungkinan para karyawan memperoleh kesenangan kerja, moril yang tinggi dan produktifitas yang besar.

9. Fasilitas parkir kendaraan, WC, Musholadan sebagainya Untuk menunjang kelancaran kegiatan perusahaan, maka perlu disediakan tempat-tempat yang baik. Fasilitas parkir, mang untuk makan dan minum serta disediakan tempat untuk sholat yang disesuaikan dengan keadaan pemsahaan dan jumlah karyawan.

10. Perlindungan terhadap bahaya kebakaran dan keamanan para pekerja Dalam desain bangunan dan konstraksi yang direncanakan, perlu diperhatikan keamanan para karyawan dan perlindungan terhadap peralatan pemsahaan. Oleh karena itu bangunan yang akandidirikan perlu dilengkapi dengan alat-alat pencegah kebakaran, tanda bahaya kebakaran otomatis.

11. Alat penunjang dalam proses produksi Dalam mendesain bangunan perlu diperhatikan apakah pemsahaan akan menggunakan alat-alat air conditioning (AC), alat-alat pemanas dan air yang akan ditempatkan dibagian atas. Suatu bangunan yang telah direncanakan sebelumnya dengan baik akan memberikan cukup banyak keuntungan, salah satunya adalah penurunan atau penekanan biaya pengolahan (manufacturing cost)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengujian Material Tanpa Merusak

Kerusakan Logam & Penyebabnya

Jenis - jenis Pengujian NDT