Kebutuhan Konsumen
Mengidentifikasi Kebutuhan Konsumen
Kalian sudah tau belum bahwa mata kuliah perancangan dan pengembangan produk memberikan pengetahuan kepada kita mengenai produk design dan development. Tidak hanya mempelajari mengenai bagaimana membuat produk yang innovative saja. Customer needs merupakan sebuah cara yang dapat mendorong customer untuk membeli suatu produk ataupun jasa. Pada akhirnya tujuan tersebut yang mendorong keputusan dalam pembelian konsumen.
Pada sesi 3 saya dapat mempelajari
dan mendapatkan berbagai informasi mengenai identifikasi kebutuhan customer.
Mengapa kita sebelum berbisnis perlu memhamai kebutuhan customer tujuan nya yaitu
agar:
1. Produk yang kita buat sesuai
dengan kebutuhan customer
Membuat produk sesuai dengan
customer needs bertujaun agar produk yang dibuat dapat sesuai dengan sasaran
customer yang sudah di tentukan, sehingga dapat membantu memudahkan dalam
membuat produk atau jasa sesuai dengan kebutuhan customer. selain itu kita
dapat melakukan analisa perubahan yang terjadi pada kebutuhan customer yang
dapat berubah kapan pun.
2. Merancang strategi bisnis
Dengan mengetahui kebutuhan customer
maka membantu perusahaan dalam membuat strategi bisnis degan memegang berbagai
informasi tentang customer needs. Strategi yang dibuat oleh perusahaan seperti
strategi marketing, strategi penjualan, strategi distribusi, sehingga dengan
merancang strategi bisnis dapat membuat marketing dan penjualan dapat dilakukan
secara effisien dan menghemat biaya.
3. Merencanakan Produksi
Setelah mengetahui kebutuhan
customer dan merencanakan strategi bisnis selanjutnya yaitu membuat rancangan
produksi yyang bertujuan agar menghindari terjadinya over produksi sehingga
perusahan dapat menghindari dari besarnya biaya kerugian.
4. Memiliki Ciri khas
Ciri khas merupakan sebuah ciri yang
menjadi sebuah identitas dari produk dan brandyang kita miliki. Dengan
menciptakan ciri khas maka akan menambah persaigan dengan adanya perbedaan maka
persaingan akan semakin ketat.
5. Mengetahui trend pasar
Trend pasar dapat membantu memenuhi
kebutuhan customer yang dapat dikemas dengan bentuk yang lebih baik dam dapat
mendapatkan daya tarik tersendiri pada trend pasar. Hal tersebut berkaitan
dengan memiliki ciri khas tertentu yang dapat membuat perusahaan untuk mampu
bersaing dan mengembangkan bisnisnya ke arah kesuksesan.
Setelah kita memahami pentingnya
memahami keinginan customer maka kita perlu untuk melakukan test kepada produk
yang sudah kita buat, tujuan dari melakukan survey populasi dan survey produk
yaitu untuk mendapatkan informasi mengenai karakteristik dari masyarakat yang
kita targetkan. Setelah kita melakukan survey kita perlu
mengkomunikasikan konsep dari produk yang kita buat kepada target
market, dan customer tujuan dari mengkomunikasikan konsep produk kita yaitu
agar konsumen mengerti dengan produk kita yang nantinya akan berlanjut ke tahap
survey untuk mendapatkan hasil respon yang diberikan oleh customer dan target
market kita lalu kita harus melakukan interprestasi hasil survey tesebut
dan melakukan review untuk meningkatkan kualitas dan melakukan peningkatan
produk.
Setelah kita mengetahui bahwa
memahami keibutuhan customer dalam bisnis adalah hal yang penting. Dengan
pengetahuan yang kita dapatkan dari mengikuti pembelajaran kelas innovative
product design and development maka mahasiswa creativepreneurship dapat mendesign
produk yang dapat menjawab kebutuhan customer.
Komentar
Posting Komentar