Contoh Strategi Pemasaran Produk
Contoh Strategi Pemasaran Produk

Dalam menerapkan strategi
pemasaran produk, terdapat beberapa upaya yang bisa dilakukan oleh seorang
pebisnis.
Adapun sejumlah contoh
strategi pemasaran produk adalah sebagai berikut.
1.
Memahami Target Pasar dan Kebutuhan Pelanggan
Salah satu contoh strategi
pemasaran produk adalah memahami target pasar dan kebutuhan pelanggan. Cara
satu ini bisa dilakukan dengan riset target pasar. Pelaku usaha bisa menentukan
target pasarnya secara spesifik. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan peluang
terjualnya produk atau jasa yang dimiliki.
2.
Menawarkan Sample
Contoh metode pemasaran
produk lainnya adalah dengan menawarkan sample kepada konsumen. Cara ini
juga cukup efektif, karena konsumen dapat mencoba langsung produk yang dijual
dan mengetahui manfaatnya. Di samping itu, apabila produk yang ditawarkan
adalah jasa, pebisnis bisa menyediakan free trial kepada konsumen. Dengan
begini, konsumen pun bisa lebih tertarik untuk menggunakan produk tersebut.
3.
Social Media Marketing
Contoh
strategi pemasaran produk berikutnya adalah dengan memanfaatkan media sosial
sebagai wadah promosi atau biasa disebut social media marketing . Seperti penjelasan sebelumnya, media sosial
adalah alat pemasaran yang cukup efektif, karena mampu menjangkau konsumen
secara lebih luas. Dalam hal ini, pebisnis bisa memanfaatkan media sosial,
seperti Instagram, Twitter, YouTube, TikTok, atau Facebook untuk promosi. Di
samping itu, melalui media sosial, pebisnis juga bisa berinteraksi dengan
konsumen, membangun branding, dan biaya yang dikeluarkan pun relatif murah. Tak
hanya itu, pebisnis juga dapat bekerja sama dengan influencer untuk membantu
memasarkan produknya.
4.
Menerapkan Affiliate Marketing
Menerapkan affiliate
marketing juga termasuk contoh strategi pemasaran produk yang bisa dilakukan. Cara
ini dilakukan dengan memberikan sejumlah insentif kepada konsumen yang telah
membeli produk tersebut dan merekomendasikannya. Insentif yang diberikan kepada
konsumen pun tak harus berupa uang, tetapi juga bisa diskon atau hadiah produk.
Nah, pebisnis bisa menyesuaikannya dengan alokasi dana yang dimiliki. Dengan
menerapkan strategi pemasaran ini, maka penjualan pun bisa lebih meningkat,
karena pembeli telah mendapatkan testimoni dari pelanggan sebelumnya.
5.
Word of Mouth Marketing
Berikutnya, contoh strategi
pemasaran produk adalah word of mouth marketing. Cara ini dilakukan dengan
menunjuk tim pemasaran untuk berkomunikasi secara langsung bersama pembeli. Apabila
konsumen membeli produk tersebut dan merasa puas, dirinya bisa
merekomendasikannya kepada orang lain. Metode pemasaran produk ini juga
dibutuhkan bagi pebisnis agar barang atau jasa yang dijualnya lebih dikenal
luas oleh masyarakat.
6.
Menjaga Hubungan Baik dengan Konsumen
Menjaga hubungan baik
dengan konsumen adalah hal penting saat sedang memasarkan produk. Hal ini bisa
membantu memberikan kesan positif bagi konsumen. Cara ini bisa dilakukan dengan
bersikap ramah ke konsumen, menawarkan bonus kepada pelanggan yang sering
membeli produk, maupun menanggapi masukan dari pembeli secara bijak. Dengan
begini, konsumen pun tak akan menyesal untuk membeli produk tersebut dan
penjual pun bisa mempertahankan pelanggan tetapnya.
7.
Membuat Target Pemasaran yang Realistis
Contoh strategi marketing
lainnya adalah dengan membuat target pemasaran yang realistis. Pasalnya,
banyak pebisnis yang menetapkan target terlalu tinggi, sehingga berdampak pada
ketidaktercapaian dan meningkatkan risiko kerugian. Oleh sebab itu, pada awal
bisnis, sebaiknya tentukan dulu target pemasaran yang realistis dan sekiranya
mungkin untuk dicapai. Dengan begitu, pebisnis pun bisa segera balik modal dan
mencapai keuntungan.
8.
Mengamati Strategi Kompetitor
Contoh metode pemasaran
produk lainnya adalah dengan mengamati strategi yang dilakukan oleh
kompetitor. Cara ini tidak dilakukan untuk meniru, tetapi agar pengusaha
dapat mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu, seorang
pengusaha dapat memodifikasinya agar lebih efektif untuk diterapkan dalam
bisnisnya.
9.
Membangun Tempat Usaha yang Strategis
Membangun tempat usaha di
lokasi strategis juga termasuk salah satu strategi pemasaran produk yang bisa
diterapkan. Pasalnya, lokasi yang strategis umumnya dilalui oleh banyak orang,
sehingga berpeluang tinggi untuk mencapai keuntungan. Di samping itu, saat
memiliki lokasi pun harus mempertimbangkan segmentasi pasar dan kemudahan
jangkauannya.
10.
Membuat Anggaran yang Sistematis
Terakhir,
contoh metode pemasaran produk adalah membuat anggaran dana usaha
yang sistematis, termasuk biaya promosi. Pasalnya, promosi produk juga
memerlukan biaya, sehingga seorang pebisnis harus mengalokasikannya secara
terpisah dengan kebutuhan lainnya.
Dengan begitu, pengelolaan
dana perusahaan pun bisa lebih efektif dan mencegah terjadinya pembengkakan
pengeluaran. Demikian sederet informasi mengenai apa itu strategi pemasaran
produk, tujuan, jenis, dan contohnya. Dapat disimpulkan bahwa metode pemasaran
produk adalah hal penting yang perlu dilakukan untuk mencapai target penjualan.
Komentar
Posting Komentar