Contoh Strategi Pemasaran Produk

                                                        Contoh Strategi Pemasaran Produk


Dalam menerapkan strategi pemasaran produk, terdapat beberapa upaya yang bisa dilakukan oleh seorang pebisnis.

Adapun sejumlah contoh strategi pemasaran produk adalah sebagai berikut.

1. Memahami Target Pasar dan Kebutuhan Pelanggan

Salah satu contoh strategi pemasaran produk adalah memahami target pasar dan kebutuhan pelanggan. Cara satu ini bisa dilakukan dengan riset target pasar. Pelaku usaha bisa menentukan target pasarnya secara spesifik. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan peluang terjualnya produk atau jasa yang dimiliki.

2. Menawarkan Sample

Contoh metode pemasaran produk lainnya adalah dengan menawarkan sample kepada konsumen.  Cara ini juga cukup efektif, karena konsumen dapat mencoba langsung produk yang dijual dan mengetahui manfaatnya. Di samping itu, apabila produk yang ditawarkan adalah jasa, pebisnis bisa menyediakan free trial kepada konsumen.  Dengan begini, konsumen pun bisa lebih tertarik untuk menggunakan produk tersebut.

 

 

3. Social Media Marketing

Contoh strategi pemasaran produk berikutnya adalah dengan memanfaatkan media sosial sebagai wadah promosi atau biasa disebut social media marketing .  Seperti penjelasan sebelumnya, media sosial adalah alat pemasaran yang cukup efektif, karena mampu menjangkau konsumen secara lebih luas. Dalam hal ini, pebisnis bisa memanfaatkan media sosial, seperti Instagram, Twitter, YouTube, TikTok, atau Facebook untuk promosi. Di samping itu, melalui media sosial, pebisnis juga bisa berinteraksi dengan konsumen, membangun branding, dan biaya yang dikeluarkan pun relatif murah. Tak hanya itu, pebisnis juga dapat bekerja sama dengan influencer untuk membantu memasarkan produknya.

4. Menerapkan Affiliate Marketing

Menerapkan affiliate marketing juga termasuk contoh strategi pemasaran produk yang bisa dilakukan. Cara ini dilakukan dengan memberikan sejumlah insentif kepada konsumen yang telah membeli produk tersebut dan merekomendasikannya. Insentif yang diberikan kepada konsumen pun tak harus berupa uang, tetapi juga bisa diskon atau hadiah produk. Nah, pebisnis bisa menyesuaikannya dengan alokasi dana yang dimiliki. Dengan menerapkan strategi pemasaran ini, maka penjualan pun bisa lebih meningkat, karena pembeli telah mendapatkan testimoni dari pelanggan sebelumnya.

5. Word of Mouth Marketing

Berikutnya, contoh strategi pemasaran produk adalah word of mouth marketing. Cara ini dilakukan dengan menunjuk tim pemasaran untuk berkomunikasi secara langsung bersama pembeli. Apabila konsumen membeli produk tersebut dan merasa puas, dirinya bisa merekomendasikannya kepada orang lain. Metode pemasaran produk ini juga dibutuhkan bagi pebisnis agar barang atau jasa yang dijualnya lebih dikenal luas oleh masyarakat.

6. Menjaga Hubungan Baik dengan Konsumen

Menjaga hubungan baik dengan konsumen adalah hal penting saat sedang memasarkan produk. Hal ini bisa membantu memberikan kesan positif bagi konsumen. Cara ini bisa dilakukan dengan bersikap ramah ke konsumen, menawarkan bonus kepada pelanggan yang sering membeli produk, maupun menanggapi masukan dari pembeli secara bijak. Dengan begini, konsumen pun tak akan menyesal untuk membeli produk tersebut dan penjual pun bisa mempertahankan pelanggan tetapnya.

7. Membuat Target Pemasaran yang Realistis

Contoh strategi marketing lainnya adalah dengan membuat target pemasaran yang realistis. Pasalnya, banyak pebisnis yang menetapkan target terlalu tinggi, sehingga berdampak pada ketidaktercapaian dan meningkatkan risiko kerugian. Oleh sebab itu, pada awal bisnis, sebaiknya tentukan dulu target pemasaran yang realistis dan sekiranya mungkin untuk dicapai. Dengan begitu, pebisnis pun bisa segera balik modal dan mencapai keuntungan.

8. Mengamati Strategi Kompetitor

Contoh metode pemasaran produk lainnya adalah dengan mengamati strategi yang dilakukan oleh kompetitor.  Cara ini tidak dilakukan untuk meniru, tetapi agar pengusaha dapat mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu, seorang pengusaha dapat memodifikasinya agar lebih efektif untuk diterapkan dalam bisnisnya.

9. Membangun Tempat Usaha yang Strategis

Membangun tempat usaha di lokasi strategis juga termasuk salah satu strategi pemasaran produk yang bisa diterapkan. Pasalnya, lokasi yang strategis umumnya dilalui oleh banyak orang, sehingga berpeluang tinggi untuk mencapai keuntungan. Di samping itu, saat memiliki lokasi pun harus mempertimbangkan segmentasi pasar dan kemudahan jangkauannya.

10. Membuat Anggaran yang Sistematis

Terakhir, contoh metode pemasaran produk adalah membuat anggaran dana usaha yang sistematis, termasuk biaya promosi. Pasalnya, promosi produk juga memerlukan biaya, sehingga seorang pebisnis harus mengalokasikannya secara terpisah dengan kebutuhan lainnya.

Dengan begitu, pengelolaan dana perusahaan pun bisa lebih efektif dan mencegah terjadinya pembengkakan pengeluaran. Demikian sederet informasi mengenai apa itu strategi pemasaran produk, tujuan, jenis, dan contohnya. Dapat disimpulkan bahwa metode pemasaran produk adalah hal penting yang perlu dilakukan untuk mencapai target penjualan.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Material Teknik ( Logam Ferro )

Reject & Defect

Proses Manufaktur