Evaluasi Produk
Evaluasi Produk
1. Apa itu evaluasi produk /Product Evaluation
Evaluasi Produk adalah suatu kegiatan mengevaluasi kualitas
produk dengan merangkum pengalaman pengguna sebagai pedoman untuk perbaikan
desain dan tindak lanjut lainnya. Hasil evaluasi produk diperoleh dari pengelolaan
dan analisis berbagai jenis data. Evaluasi Produk diarahkan untuk melihat
kemanfaatan produk di level outcomeyang dilakukan sebagai dasar untuk mendukung
keputusan akhir, perbaikan, peningkatan, hingga penghentian proses produksinya.
2. Pendalaman tentang Evaluasi Produk
Evaluasi produk adalah jenis evaluasi dimana evaluator hanya
melihat dan menilai hasil akhir produk yang dibuat dan tidak melihat pada
kinerja proses pembuatan produk tersebut. Artinya, fokus evaluasi ini hanya
berkaitan dengan hasil akhir produk saja, bukan pada prosesnya. Misalnya, untuk
menentukan hasil kinerja peserta didik yang berfokus pada pencapaian hasil
belajarnya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Evaluasi Produk idealnya
berfokus pada penelusuran dan penilaian hasil atau outcome dari suatu produk.
Terdapat tiga tahapan untuk melaksanakan Evaluasi Produk sebagai berikut:
Level 1:
Apakah produk atau proyek akhir menggambarkan bagian atau fungsi
yang diharapkan? [Pemula]
Level 2:
Bagian dan fungsi berasa diatas minimum persyaratan yang
cenderung meningkatkan produk akhir? [tingkat terampil]
Level 3: Apakah produk akhir berisi bagian dan fungsi minimum
dasar, memiliki fitur tambahan di atas minimum, dan menyenangkan secara
estetika? [Tingkat ahli] Evaluasi produk berbicara mengenai proses evaluasi
kesesuaian dan keamanan produk untuk digunakan oleh audiens. Proses dan metode
pengalaman pengguna digunakan bersama dengan metrik kinerja, untuk mengukur
tingkat efektivitas, kemampuan belajar, dan kemudahan penggunaan untuk evaluasi
produk sepenuhnya. Hasil evaluasi produk diperoleh dengan menganalisis semua
data dan mengatasi masalah kegunaan dengan desain produk. Pengujian dan
evaluasi ini dapat berupa prosedur kualitatif atau kuantitatif.
Evaluasi produk ini dapat berkontribusi untuk merumuskan
kebijakan baru atau merancang program dengan mencari tahu dari beragam orang
dalam suatu komunitas, mengenai apa kebutuhan, perhatian, atau ketertarikan
mereka. Evaluasi produk, digunakan untuk mencapai hasil yang diharapkan, serta
untuk menentukan hasil akhir sebuah produk yang sesuai dengan standar. Evaluasi
produk merupakan bagian penting dari proses pengembangan produk, yang mana hal
ini membutuhkan banyak pengujian dan penelitian. Evaluasi produk akan membantu
untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh users, lembaga, pemerintah, atau
masyarakat. Kita juga dapat mengetahui target audiens dan pendapat mereka
tentang produk dan/atau layanan perusahaan.
Referensi:
Komentar
Posting Komentar