Marketing & Produksi
Team marketing beda dengan team produksi

Cara kedua team dalam bersaing di dunia bisnis
tentu saja berbeda. Team produksi bersikap kritis dan realistis, dilengkapi
dengan riset yang semua itu dilakukan secara senyap agar produknya unggul
dibanding produk kompetitor. Sedangkan team marketing akan selalu memilih gaduh
dalam bersaing dengan team marketing kompetitor. Team marketing minyak goreng
misalnya: buat klaim dua kali penyaringan, kompetitor menggunakan isu
pemurnian, ada lagi yang mengusung isu tanpa pengawet, jadinya konsumen bingung
mau pilih produk yang mengusung jargon yang mana.
Di dunia pasta gigi, ada yang mengusung isu
mengatasi gigi berlubang, kompetitor mengangkat isu menyegarkan pernafasan,
kompetitor ketiga angkat isu gigi sensitif...pokoknya gaduh terus.....konsumen
ya terus tergoreng dengan isu isu team marketing tersebug. Di dunia dakwah juga
demikian, team produksi fokus isi konten, mengajarkan ilmu, ngaji kitab,
mengurus sekolah, mengkader murid dan seterusnya.....sedangkan team marketing
akan sibuk menawarkan berbagai jargon pemasaran, ada yang angkat isu kearifan
lokal, ada yang angkat moderasi, ada yang menyuguhkan isu kemajuan, ada pula
yang menawarkan isu 2x penyaringan dan tanpa pengawet alias
pemurnian......konsumen memilih sesuai orientasinya.
Di dunai pendidikan pun sama, banyak strategi
dalam marketing . Salah satunya adalah biaya pendidikan murah .
Komentar
Posting Komentar