Total Productive Maintenence

                                            Total Productive Maintenance

Total Productive Maintenance atau TPM adalah salah satu komponen stabilitas yang menjadi fondasi House of Lean Production. Implementasi Total Productive Maintenance (TPM) didukung oleh 5S yang telah dijelaskan pada chapter sebelumnya .

TPM (Total Productive Maintenance) adalah pendekatan holistik untuk perawatan peralatan yang berupaya mencapai produksi sempurna: tanpa kerusakan, tanpa penghentian peralatan, tanpa cacat produk, serta meminimalisir insiden kecelakaan. Dalam penerapannya, TPM membutuhkan visual management untuk mempermudah dalam proses pelatihan dan promosi TPM pada tempat kerja.

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai TPM yang mendukung terciptanya stabilitas pada lean manufacturing.

Apa itu total productive management (TPM)

Total productive management secara singkat adalah pendekatan yang menekankan pada pemeliharaan proaktif dan preventif untuk memaksimalkan efisiensi operasional peralatan.

Implementasi program TPM menciptakan tanggung jawab bersama dalam pemeliharaan peralatan yang mendorong keterlibatan yang lebih besar dari pekerja pabrik. Di lingkungan yang tepat, ini bisa sangat efektif dalam meningkatkan produktivitas (meningkatkan waktu, mengurangi waktu siklus, dan menghilangkan cacat).

Pada bab sebelumnya membahas terkait 5S yang secara alami mengarah pada total productive management (TPM). Hal ini menjadi kunci stabilitas dan efektivitas. Saat Anda menggunakan produksi lean, Anda pasti ingin melatih anggota tim agar mereka dapat merawat peralatan.

Berdasarkan gambar tersebut, TPM menugaskan pekerjaan pemeliharaan dasar seperti inspeksi, pembersihan, pelumasan, dan pengencangan kepada anggota tim produksi. Hal ini membebaskan anggota tim pemeliharaan untuk pemeliharaan prediktif, peningkatan dan perbaikan peralatan, pelatihan, dan aktivitas bernilai tinggi lainnya. Target total productive management adalah zero breakdowns.

Guna mewujudkan zero breakdowns, berikut langkah-langkah dalam memelihara peralatan produksi:

  • Stage 1: breakdown maintenance (firefighting)
  • Stage 2: Pemeliharaan preventif (perencanaan proaktif dan troubleshooting).
  • Stage 3: 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengujian Material Tanpa Merusak

Kerusakan Logam & Penyebabnya

Jenis - jenis Pengujian NDT