Siklus Hidup Produk
Siklus Hidup Produk

Siklus
hidup produk adalah putaran waktu suatu produk dari perilisan hingga penurunan
penjualannya. Ketahui tahapan & strategi yang perlu diterapkan di sini.
Siklus
hidup produk atau product life cycle adalah proses alami yang dialami setiap
produk perusahaan. Oleh karena itu, jika Anda mengalami penurunan penjualan
tiba-tiba, mungkin artinya bukan karena produk Anda kurang bagus, melainkan
masyarakat mulai jenuh dengan produk tersebut. Ingin tahu lebih jauh? Simak
pengertian siklus hidup produk, tahapan, contoh, serta strategi menghadapinya
berikut.
Pengertian Siklus Hidup Produk
Siklus
hidup produk atau product life cycle adalah siklus yang pasti terjadi dalam
suatu produk. Menurut Anderson dan Zeithaml, pengertian siklus hidup produk
adalah konsep yang menggambarkan rangkaian tahapan dari suatu produk hingga
layak dipasarkan dan dikonsumsi khalayak umum
Adanya
siklus produk mampu membantu produsen dalam menetapkan strategi tepat ketika
memasarkan produk tersebut. Tak hanya itu, produsen bisa mengambil langkah
perpanjangan umur produk dengan peningkatan kualitas dan kuantitas.
Tahap Siklus Hidup Produk dan Contohnya
Setelah
mengetahui apa itu product life cycle, berikut ini penjelasan tahap siklus
hidup produk dan contohnya, agar Anda semakin memahaminya.
Siklus Hidup Produk
Siklus hidup produk adalah putaran
waktu suatu produk dari perilisan hingga penurunan penjualannya. Siklus hidup
produk atau product life cycle adalah
proses alami yang dialami setiap produk perusahaan. Oleh karena itu, jika Anda
mengalami penurunan penjualan tiba-tiba, mungkin artinya bukan karena produk
Anda kurang bagus, melainkan masyarakat mulai jenuh dengan produk tersebut.
Ingin tahu lebih jauh? Simak pengertian siklus hidup produk, tahapan, contoh,
serta strategi menghadapinya berikut.
Pengertian Siklus Hidup Produk
Siklus hidup produk atau product life cycle adalah siklus yang pasti terjadi dalam suatu produk.
Menurut Anderson dan Zeithaml,
pengertian siklus hidup produk adalah konsep yang menggambarkan rangkaian
tahapan dari suatu produk hingga layak dipasarkan dan dikonsumsi khalayak umum.
Adanya siklus produk mampu membantu produsen dalam menetapkan strategi tepat
ketika memasarkan produk tersebut. Tak hanya itu, produsen bisa mengambil
langkah perpanjangan umur produk dengan peningkatan kualitas dan kuantitas.
Tahap Siklus Hidup Produk dan
Contohnya
Setelah mengetahui apa itu product life cycle, berikut ini
penjelasan tahap siklus hidup produk dan contohnya, agar Anda semakin
memahaminya.
1. Tahap Perkenalan
Tahapan pertama product life cycle adalah pengenalan. Pada tahap ini, produk
mulai diproduksi dari bahan baku. Hasil produksi merupakan produk atau barang
baru di pasaran. Kemudian mulai dikenalkan kepada masyarakat dengan beragam
strategi pemasaran. Di tahap pengenalan, umumnya keuntungan perusahaan masih
kecil, sebab biaya promosinya sangat besar. Sebab masyarakat belum terlalu
mengenal brand produk yang Anda rilis. Contoh product life cycle tahap ini misalnya Anda baru merilis aplikasi jual beli
sayuran. Karena produk tersebut masih baru, maka belum banyak orang
mengetahuinya, sehingga Anda perlu memasarkannya dengan baik dan masif.
2.
Tahap Pertumbuhan
Tahap kedua product life cycle adalah
tahap pertumbuhan. Siklus ini akan menunjukkan apakah produk dapat dikembangkan
atau justru tidak diterima oleh masyarakat. Bila produk belum berhasil diterima
oleh masyarakat, maka Anda harus mengevaluasi dan memperbaikinya sehingga
produk dapat dikembangkan. Salah satu tanda produk Anda berada dalam tahap
pertumbuhan adalah makin banyaknya konsumen produk dan meningkatnya intensitas
produksi perusahaan. Kita ambil contoh product life cycle tahap pertumbuhan dari aplikasi jual beli sayur tadi.
Setelah usaha promosi dilakukan dengan baik, akhirnya produk Anda viral dan
berhasil mendapat jutaan pengguna baru dalam waktu singkat.
3. Tahap Kedewasaan
Tahap kedewasaan merupakan tahap siklus hidup produk pasca pertumbuhan. Di
tahap ini, biasanya produk sudah tidak lagi mengalami kenaikan penjualan
drastis, sebab masyarakat sudah terbiasa menggunakan produk tersebut. Contoh product life
cycle tahap ini adalah aplikasi Anda mulai bisa menghasilkan keuntungan
dengan stabil, tanpa penurunan atau peningkatan signifikan. Tapi jika tidak
segera memperbarui strategi siklus hidup produk, di tahap ini penjualan Anda
terancam turun ke tahap selanjutnya, yaitu penurunan.
4.
Tahap Penurunan
Tahapan terakhir product life cycle
adalah tahap penurunan. Pada tahap ini produk mengalami penurunan dari segi
penjualan karena minat konsumen menurun. Hal ini terjadi sebab target pasar
mulai bosan atau terjadi perubahan dari segi produk
Contoh product life
cycle tahap penurunan misalnya aplikasi jual beli sayur Anda tadi mulai
mengalami pengurangan transaksi. Di tahap ini, Anda wajib melakukan inovasi jika
tidak ingin kehilangan pengguna.
Komentar
Posting Komentar