Siklus Hidup Produk

                                                        Siklus Hidup Produk

 

Siklus hidup produk adalah putaran waktu suatu produk dari perilisan hingga penurunan penjualannya. Ketahui tahapan & strategi yang perlu diterapkan di sini.

Siklus hidup produk atau product life cycle adalah proses alami yang dialami setiap produk perusahaan. Oleh karena itu, jika Anda mengalami penurunan penjualan tiba-tiba, mungkin artinya bukan karena produk Anda kurang bagus, melainkan masyarakat mulai jenuh dengan produk tersebut. Ingin tahu lebih jauh? Simak pengertian siklus hidup produk, tahapan, contoh, serta strategi menghadapinya berikut.

Pengertian Siklus Hidup Produk

Siklus hidup produk atau product life cycle adalah siklus yang pasti terjadi dalam suatu produk. Menurut Anderson dan Zeithaml, pengertian siklus hidup produk adalah konsep yang menggambarkan rangkaian tahapan dari suatu produk hingga layak dipasarkan dan dikonsumsi khalayak umum

Adanya siklus produk mampu membantu produsen dalam menetapkan strategi tepat ketika memasarkan produk tersebut. Tak hanya itu, produsen bisa mengambil langkah perpanjangan umur produk dengan peningkatan kualitas dan kuantitas.

Tahap Siklus Hidup Produk dan Contohnya

Setelah mengetahui apa itu product life cycle, berikut ini penjelasan tahap siklus hidup produk dan contohnya, agar Anda semakin memahaminya.

Siklus Hidup Produk

Siklus hidup produk adalah putaran waktu suatu produk dari perilisan hingga penurunan penjualannya. Siklus hidup produk atau product life cycle adalah proses alami yang dialami setiap produk perusahaan. Oleh karena itu, jika Anda mengalami penurunan penjualan tiba-tiba, mungkin artinya bukan karena produk Anda kurang bagus, melainkan masyarakat mulai jenuh dengan produk tersebut. Ingin tahu lebih jauh? Simak pengertian siklus hidup produk, tahapan, contoh, serta strategi menghadapinya berikut.

Pengertian Siklus Hidup Produk

Siklus hidup produk atau product life cycle adalah siklus yang pasti terjadi dalam suatu produk. Menurut Anderson dan Zeithaml, pengertian siklus hidup produk adalah konsep yang menggambarkan rangkaian tahapan dari suatu produk hingga layak dipasarkan dan dikonsumsi khalayak umum. Adanya siklus produk mampu membantu produsen dalam menetapkan strategi tepat ketika memasarkan produk tersebut. Tak hanya itu, produsen bisa mengambil langkah perpanjangan umur produk dengan peningkatan kualitas dan kuantitas.

Tahap Siklus Hidup Produk dan Contohnya

Setelah mengetahui apa itu product life cycle, berikut ini penjelasan tahap siklus hidup produk dan contohnya, agar Anda semakin memahaminya.

1.      Tahap Perkenalan


Tahapan pertama product life cycle adalah pengenalan. Pada tahap ini, produk mulai diproduksi dari bahan baku. Hasil produksi merupakan produk atau barang baru di pasaran. Kemudian mulai dikenalkan kepada masyarakat dengan beragam strategi pemasaran. Di tahap pengenalan, umumnya keuntungan perusahaan masih kecil, sebab biaya promosinya sangat besar. Sebab masyarakat belum terlalu mengenal brand produk yang Anda rilis. Contoh product life cycle tahap ini misalnya Anda baru merilis aplikasi jual beli sayuran. Karena produk tersebut masih baru, maka belum banyak orang mengetahuinya, sehingga Anda perlu memasarkannya dengan baik dan masif.

2.      Tahap Pertumbuhan


Tahap kedua product life cycle adalah tahap pertumbuhan. Siklus ini akan menunjukkan apakah produk dapat dikembangkan atau justru tidak diterima oleh masyarakat. Bila produk belum berhasil diterima oleh masyarakat, maka Anda harus mengevaluasi dan memperbaikinya sehingga produk dapat dikembangkan. Salah satu tanda produk Anda berada dalam tahap pertumbuhan adalah makin banyaknya konsumen produk dan meningkatnya intensitas produksi perusahaan. Kita ambil contoh product life cycle tahap pertumbuhan dari aplikasi jual beli sayur tadi. Setelah usaha promosi dilakukan dengan baik, akhirnya produk Anda viral dan berhasil mendapat jutaan pengguna baru dalam waktu singkat.

 

3.  Tahap        Kedewasaan
Tahap kedewasaan merupakan tahap siklus hidup produk pasca pertumbuhan. Di tahap ini, biasanya produk sudah tidak lagi mengalami kenaikan penjualan drastis, sebab masyarakat sudah terbiasa menggunakan produk tersebut. Contoh product life cycle tahap ini adalah aplikasi Anda mulai bisa menghasilkan keuntungan dengan stabil, tanpa penurunan atau peningkatan signifikan. Tapi jika tidak segera memperbarui strategi siklus hidup produk, di tahap ini penjualan Anda terancam turun ke tahap selanjutnya, yaitu penurunan.

 

4.      Tahap       Penurunan


Tahapan terakhir product life cycle adalah tahap penurunan. Pada tahap ini produk mengalami penurunan dari segi penjualan karena minat konsumen menurun. Hal ini terjadi sebab target pasar mulai bosan atau terjadi perubahan dari segi produk

Contoh product life cycle tahap penurunan misalnya aplikasi jual beli sayur Anda tadi mulai mengalami pengurangan transaksi. Di tahap ini, Anda wajib melakukan inovasi jika tidak ingin kehilangan pengguna.

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Material Teknik ( Logam Ferro )

Reject & Defect

Proses Manufaktur