Strategi Menghadapi Siklus Hidup Sebuah Produk
Strategi Siklus Hidup Produk yang Wajib kita Terapkan

Agar produk Anda berhasil sukses di pasaran, terdapat
strategi siklus hidup produk yang dapat diterapkan, antara lain:
1.
Rencanakan
Beberapa Produk Sekaligus
Strategi pertama product life cycle adalah merencanakan beberapa produk
sekaligus. Pada tahap pengenalan siklus produk, pastinya Anda masih mengalami
uji coba produk dan hasil penerimaan produk dalam masyarakat tidak dapat
diprediksi.
Agar terhindar dari kegagalan produk, Anda bisa merencanakan
beberapa produk sekaligus. Bila produk belum berhasil diterima masyarakat, Anda
memiliki produk cadangan untuk diuji coba kembali.
2.
Rilis
Produk Satu Per Satu Sesuai Minat Masyarakat
Merilis produk bertahap berdasarkan minat konsumen merupakan strategi siklus
hidup produk patut dicoba. Dengan demikian, Anda bisa memetakan produk sesuai
target pasar yang tepat. Selain itu, Anda bisa lebih fokus memaksimalkan satu
produk hingga berhasil. Jika melakukan perilisan produk secara bersamaan,
dikhawatirkan masyarakat akan bingung dengan produk baru Anda.
3.
Pelajari
Reaksi Masyarakat Terhadap Suatu Produk
Strategi selanjutnya dengan mempelajari reaksi masyarakat terhadap suatu
produk. Dalam proses evaluasi, Anda harus bisa menilai perilaku masyarakat
terhadap produk baru tersebut. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui
keberhasilan atau kegagalan suatu produk, dan bisa mengambil keputusan
berdasarkan data tersebut.
4. Lakukan Promosi Selama Produk
Masih Laku Keras
Strategi berikutnya product life cycle adalah melakukan promosi selama produk
masih laku keras. Meskipun produk laris manis di pasaran, bukan berarti Anda
bisa mengurangi aktivitas promosi. Justru sebaliknya, tingkatkan dan gencarkan
promosi secara terus menerus agar produk mampu masuk ke tahap kedewasaan.
5.
Segera
Perbarui Strategi Promosi Saat Produk Tidak Laku
Ketika produk tidak laku, maka strategi siklus hidup produk yang tepat yakni
segera melakukan pembaharuan strategi promosi. Cobalah untuk mengumpulkan
seluruh cara promosi terbaik kemudian terapkan dalam produk. Jika kurang
referensi, Anda juga bisa melihat strategi promosi dari kompetitor dan
melakukan ATM (Amati - Tiru - Modifikasi).
6.
Siap-Siap
Merilis Produk Selanjutnya
Strategi terakhir product life cycle adalah menyiapkan produk untuk dirilis
selanjutnya. Pelanggan pasti akan menemui rasa bosan. Agar siklus hidup produk
Anda tidak mati, maka Anda harus melakukan inovasi produk untuk dirilis
berikutnya. Hal ini akan membawa suasana baru terhadap produk sehingga minat konsumen
dapat tumbuh kembali.
Komentar
Posting Komentar