Strategi Menghadapi Siklus Hidup Sebuah Produk

                             Strategi Siklus Hidup Produk yang Wajib kita Terapkan

Agar produk Anda berhasil sukses di pasaran, terdapat strategi siklus hidup produk yang dapat diterapkan, antara lain:

1.      Rencanakan Beberapa Produk Sekaligus


Strategi pertama product life cycle adalah merencanakan beberapa produk sekaligus. Pada tahap pengenalan siklus produk, pastinya Anda masih mengalami uji coba produk dan hasil penerimaan produk dalam masyarakat tidak dapat diprediksi.

Agar terhindar dari kegagalan produk, Anda bisa merencanakan beberapa produk sekaligus. Bila produk belum berhasil diterima masyarakat, Anda memiliki produk cadangan untuk diuji coba kembali.

2.      Rilis Produk Satu Per Satu Sesuai Minat Masyarakat


Merilis produk bertahap berdasarkan minat konsumen merupakan strategi siklus hidup produk patut dicoba. Dengan demikian, Anda bisa memetakan produk sesuai target pasar yang tepat. Selain itu, Anda bisa lebih fokus memaksimalkan satu produk hingga berhasil. Jika melakukan perilisan produk secara bersamaan, dikhawatirkan masyarakat akan bingung dengan produk baru Anda.

 

3.      Pelajari Reaksi Masyarakat Terhadap Suatu Produk


Strategi selanjutnya dengan mempelajari reaksi masyarakat terhadap suatu produk. Dalam proses evaluasi, Anda harus bisa menilai perilaku masyarakat terhadap produk baru tersebut. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui keberhasilan atau kegagalan suatu produk, dan bisa mengambil keputusan berdasarkan data tersebut.

 

4.      Lakukan Promosi Selama Produk Masih Laku Keras


Strategi berikutnya product life cycle adalah melakukan promosi selama produk masih laku keras. Meskipun produk laris manis di pasaran, bukan berarti Anda bisa mengurangi aktivitas promosi. Justru sebaliknya, tingkatkan dan gencarkan promosi secara terus menerus agar produk mampu masuk ke tahap kedewasaan.

5.      Segera Perbarui Strategi Promosi Saat Produk Tidak Laku


Ketika produk tidak laku, maka strategi siklus hidup produk yang tepat yakni segera melakukan pembaharuan strategi promosi. Cobalah untuk mengumpulkan seluruh cara promosi terbaik kemudian terapkan dalam produk. Jika kurang referensi, Anda juga bisa melihat strategi promosi dari kompetitor dan melakukan ATM (Amati - Tiru - Modifikasi).

 

6.      Siap-Siap Merilis Produk Selanjutnya


Strategi terakhir product life cycle adalah menyiapkan produk untuk dirilis selanjutnya. Pelanggan pasti akan menemui rasa bosan. Agar siklus hidup produk Anda tidak mati, maka Anda harus melakukan inovasi produk untuk dirilis berikutnya. Hal ini akan membawa suasana baru terhadap produk sehingga minat konsumen dapat tumbuh kembali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Material Teknik ( Logam Ferro )

Proses Manufaktur

MATERIAL KOMPOSIT DAN PEMANFAATANNYA