Fungsi Manajemen
Fungsi Manajemen
.jpg)
Fungsi manajemen
adalah proses pengaturan jalannya pekerjaan agar sesuai dengan fungsinya
masing-masing. Fungsi manajemen juga dapat diartikan sebagai ilmu
manajemen yang memuat segala hal yang dilakukan di bidang manajemen.
Fungsi manajemen
meliputi:
·
Perencanaan: Menentukan rencana kerja yang matang, rumit, dan
terstruktur
·
Pengorganisasian: Mengatur kerja sesuai dengan struktur
organisasi
·
Pengarahan: Memimpin dan mengarahkan bawahan
·
Koordinasi: Menyatukan berbagai kegiatan dan elemen yang terlibat
dalam suatu pekerjaan
·
Pengawasan: Memastikan pekerjaan berjalan sesuai rencana dan tidak
terjadi kesalahan
Dalam menjalankan
bisnis, fungsi manajemen sangat penting agar perusahaan dapat berjalan dengan
baik, maju, dan meraih kesuksesan.
Luther Gulick juga
menyebutkan tujuh fungsi manajer yang disingkat menjadi
"POSDCORB". POSDCORB merupakan singkatan dari:
Planning
(Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Staffing (Penempatan Staf),
Directing (Pengarahan), Coordinating (Pengkoordinasian), Reporting (Pelaporan),
Budgeting (Penganggaran).
Komentar
Posting Komentar