Fungsi Manajemen

                                                        Fungsi Manajemen

Fungsi manajemen adalah proses pengaturan jalannya pekerjaan agar sesuai dengan fungsinya masing-masing. Fungsi manajemen juga dapat diartikan sebagai ilmu manajemen yang memuat segala hal yang dilakukan di bidang manajemen. 

Fungsi manajemen meliputi: 

·         Perencanaan: Menentukan rencana kerja yang matang, rumit, dan terstruktur

·         Pengorganisasian: Mengatur kerja sesuai dengan struktur organisasi

·         Pengarahan: Memimpin dan mengarahkan bawahan

·         Koordinasi: Menyatukan berbagai kegiatan dan elemen yang terlibat dalam suatu pekerjaan

·         Pengawasan: Memastikan pekerjaan berjalan sesuai rencana dan tidak terjadi kesalahan

Dalam menjalankan bisnis, fungsi manajemen sangat penting agar perusahaan dapat berjalan dengan baik, maju, dan meraih kesuksesan. 

Luther Gulick juga menyebutkan tujuh fungsi manajer yang disingkat menjadi "POSDCORB". POSDCORB merupakan singkatan dari: 

Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Staffing (Penempatan Staf), Directing (Pengarahan), Coordinating (Pengkoordinasian), Reporting (Pelaporan), Budgeting (Penganggaran).

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Material Teknik ( Logam Ferro )

Proses Manufaktur

MATERIAL KOMPOSIT DAN PEMANFAATANNYA